Minggu, 09 Juni 2013

Yuk! Hilangkan Jerawat dengan Bahan yang Ada di Dapur

Jerawat merupakan kondisi kulit yang abnormal dimana pori-pori kulit tersumbat sehingga terbentuk kantung-kantung minyak yang terpadu dengan kotoran dan sel-sel kulit mati. Ada banyak faktor yang menyebabkan munculnya jerawat seperti hormon, gen, serta makan yang dikonsumsi. Remaja biasanya paling mudah terkena jerawat karena mengalami masa pubertas sehingga terjadi perubahan hormonal. Makanan yang dikonsumsi juga merupakan faktor penyebab timbulnya jerawat. Makanan yang mengandung gula, susu serta kafein dapat meningkatkan produksi hormon-hormon yang memincu timbulnya jerawat. Kandungan yang terdapat didalam susu dan produk olahannya sangat tinggi sehingga efeknya terhadap jerawat sama seperti makanan berlemak.Es krim,keju dan sejenisnya termasuk produk olahan susu yang sebaiknya dihindari bagi wajah yang berjerawat.Selain itu,ada beberapa jenis susu yang diperah dari sapi betina yang hamil. Jenis susu mengandung hormon tertentu yang ada didalam tubuh manusia akan diubah menjadi hormon dihydrotestosterone (DHT) penyebab jerawat. Kafein dapat merangsang kelenjar adrenalin,sehingga dapat meningkatkan kadar stress yang merupakan salah satu faktor penyebab jerawat.Caffeine juga dapat menyebabkan gangguan tidur,yang juga bisa menyebabkan jerawat.Selain meningkatkan stress,kurangnya tidur juga dapat menghambat proses pemulihan kondisi dan mekanisme pembuangan racun yang terjadi didalam tubuh.
Setelah mengetahui penyebab jerawat maka kita harus pula mengetahui cara membasminya. Ada banyak cara membasmi jerawat mulai dari yang mahal sampai yang "murah meriah" (anak kos dan mahasiswa senang bacanya). Cara yang membasmi jawarat dengan harga yang murah adalah menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur seperti:
1. Jeruk nipis
Jeruk nipis mengandung citric acid yang sangat baik untuk memindahkan sel-sel kulit yang mati yang bisa menyebabkan jerawat. Caranya adalah dengan mengoleskan air perasan jeruk nipis ke wajah yang berjerawat kemudian diamkan selama beberapa menit dan bilas.
2. Putih telur
Putih telur dapat digunakan untuk mengurangi minyak di wajah yang bisa menjadi pemicu jerawat. Caranya adalah memisahkan kuning telur dan ambil putih telurnya. Kocok dan oleskan ke wajah kemudian diamkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih. Selain menghilangkan jerawat, putih telur juga dapat membuat wajahmu menjadi lebih kenjang dan lembut. 
3.  Tomat
Buah ini sangat ampuh untuk menghilangkan komedo hitam(blackheads). Caranya cukup mudah,  tomat dibelah jadi dua,kemudian di usap-usapkan kewajah yang berjerawat. Diamkan sampai 1jam kemudian bilas sampai bersih.
4. Bawang putih
Tumbuk atau diiris bawang putih tadi, kemudian usapkan pada wajah yang berjerawat, tunggu hingga beberapa menit dan bilas sampai bersih. 
5. Air liur
Kalau cara di atas masih dianggap mahal maka tidak ada salahnya mencoba dengan cara yang paling murah namun efektif yaitu dengan air liur.Air liur dapat membunuh bakteri penyebab jerawat di wajah. Mungkin banyak yang tidak percaya pada hal ini atu juga ada yang merasa jijik menggunakannya. Di dalam air liur manusia terdapat zat yang dapat membunuh bakteri jenis apapun, maka dari itu ketika terjadi luka di bagian lidah manusia biasanya hanya terjadi pendarahan beberapa menit saja, kemudian dalam 1 hari luka tersebut sudah langsung sembuh karena terkena air ludah secara terus menerus. Cara menggunakan air liur sebagai pengobat jerawat adalah cukup dengan mengoleskan sedikit air liur kita ke bagian jerawat secara langsung.

Yang paling penting adalah menjaga kebersihan wajah dengan mencuci muka minimal dua kali sehari khususnya setelah beraktifitas seharian.
Membersihkan wajah menggunakan sabun pH-balanced atau memakai sabun sulfur dapat menghilangkan kotoran dan bakteri yang terdapat pada kulit serta mengangkat sel-sel kulit yang telah mati. Sebaiknya hindari menggunakan sabun biasa atau sabun bayi untuk membersihkannya.
Tanpa jerawat di wajahmu maka tingkat percaya diri semakin meningkat sehingga auramu pun terpancar :) Sekian.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar